Sabtu, 29 September 2012

cara kerja kulkas 2 pintu dan gambar kelistrikannya





 




 Secara awam  kita bisa membayangkan Lemari Es mempunyai cara kerja sama dengan Air Conditioning atau AC baik itu AC mobil atau AC rumah.
Hanya bedanya AC memberikan udara dingin kedalam ruangan dimana kita berada, sedangkan Lemari ES memberikan udara dingin kedalam suatu ruangan tertutup dan tentunya lebih kecil dengan ukuran jauh lebih kecil.
Jadi kita bisa mengambil kesimpulan jika kekuatan LEmari ES lebih kecil dari AC ruangan mengingat ruang pendinginan lebih kecil.

Prinsip Lemari Es mengambil dari ilmu Fisika mengenai perubahan bentuk zat yang memerlukan suhu atau panas, karena pengambilan panas ini maka suhu udara lingkungannya menjadi dingin. Dapat dibayangkan seperti alkohol yang menguap berada di tangan Anda, maka anda akan merasakan dingin pada tangan anda tersebut.

Mari kita bayangkan sebuah sistim yang mensirkulasikan zat (disini digunakan gas) dengan bantuan suatu alat, sehingga zat tersebut melakukan perubahan berulang ulang atau terus menerus sehingga kondisi dingin yang kita harapkan tidak berlangsung sejenak (seperti alkohol ditangan kita). Nah inilah prinsip dasar lemari es.

Jadi mesti ada kontrolnya, disini digunakan thermostat untuk kontrol temperatur, kemudian ada lagi yang tidak kalah penting, dikarenakan lemari es adalah ruangan tertutup, maka akan terjadi es didalam evaporator. Jika es ini semakin banyak maka aliran udara dingin yang di tiup oleh fan ke dalam ruang lemari es akan terhambat, maka ada heater yang akan memanaskan daerah di dekat evaporator agar es mencair. Nah ini lah yang dinamakan defrost dan akan ada air yang turun kedalam penampungan air dibawah lemari es.

Nah mari kita melihat kedalam lagi bagaimana defrost ini bekerja. Rupanya ada alat yang bernama Defrost Timer. Alat ini akan menyalakan heater setiap 8 jam selama kurang lebih 15 menit. Untuk lemari es satu pintu tidak ada otomatis defrost ini, karena evaporatornya menjadi satu dengan ruangan dan difungsikan untuk membuat kotak-kotak es, namun jika lemari es sering dibuka tutup maka udara yang mengandung air akan masuk dan beku bersama evaporator tersebut, sehingga jika sudah banyak bekuan air, pencairan dilakukan dengan defrost manual, yaitu dengan menekan tombol defrost.

Kita kembali ke lemari dua pintu, ketika pada waktunya (setiap 8 jam) timer Defrost akan menyalakan heater dan mematikan kompresor dan fan didalam lemari es. Disini perlu diperhatikan sebelum listrik mencapai elemen heater ada alat yang bernama Bimetal kontaktor.
Pada suhu yg terendah bimetal dalam defrost thermostat menutup atau menyambungkan arus listrik pada heater . Demikian sikus ini berulang sehingga tidak ada pembekuan yang berlebihan di dalam evaporator.

Komponen dalam lemari es atau kulkas kompresor, defrost timer, thermostat, bi metal kontaktor, dan  heater

9 komentar:

  1. Terima kasih mas atas penjelasannya. Ilmu memang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. mantab artikelnya gan semoga sukses selalu. saya juga ada nih artikel mengenai kulkas coba kunjungi di
    Service Kulkas Surabaya
    Service Kulkas Sidoarjo

    BalasHapus
  3. Teng kyu ....pencerahanya mas

    BalasHapus
  4. Saat pendinginan kulkas lancar tp setelah waktunya deftoz timernya mati terus g mau hidup lagi.hrs diputar timernya dlu baru bisa pendinginan lagi.mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek Thermo defrost.a mas PINnya gmw terbuka jd motornya gbisa nyala kembali, kalau dibiarkan heater on truss thermofuse.a kemungkinan jg putus.

      Hapus
  5. Saya baru beli kulkas merek sharp tipe j450,awal datang sy diamkan sekitar 4 jam mlh lebih,setelah itu Sy coba colokin ke listri lalu timbul pinggir2 kulkas terasa panas sampai bsk nya,pagi2 kulkas dinggin terus es tadinya jadi batu sekarang mencair dan suhu dlm kulkas juga sy dah maksimalin tapi mah ga ada dingin dr dl kulkas tolong penjelasan nya apa emang gitu prosesnya kl kulkas baru

    BalasHapus
  6. kalo kulkas 2 pintu
    atas normal bawah kurang dingin
    udah saya cek raikaian di frezer normal,kipas muter, lobang saluran yg kebawah ga ada sumbat. .
    kira kira apanya ya,

    BalasHapus