Rabu, 26 September 2012

Cara kerja AC Inverter Daikin

Masih bingung mengenai cara kerjanya, Gampang kok ?
Bila anda menggunakan AC yang tidak mempunyai teknologi inverter, pada saat anda menyalakan dan men-set suhu ruangan 25 derajat maka AC akan bekerja “sangat keras” sampai ke posisi maksimal untuk segera mencapai suhu tersebut dan setelah tercapai, otomatis AC akan berhenti bekerja dan kemudian akan bekerja lagi bila suhu ruangan mulai meningkat dan begitu seterusnya. Dalam hal ini otomatis, daya listrik yang digunakan sangat berfluktuasi sehingga dapat dikatakan suatu hal pemborosan.
Sedangkan pada AC dengan teknologi inverter, suhu ruangan yang telah di-set dapat dijaga suhunya sehingga kerja unit outdoor tidak berat dan pada akhirnya dengan fluktuasi suhu yang kecil (hampir dikatakan NOL), otomatis akan lebih menghemat listrik. (*)
AC Inverter memiliki beberapa kelebihan, diantaranya AC hemat listrik, Ramah, dan Pintar
1. Hemat Listrik
AC Inverter mampu menghemat pemakain listrik hingga 50% dibandingkan dengan AC Non Inverter. Cara kerja dari inverter tersebut adalah menghilangkan siklus start-stop seperti pada AC konvensional. Pada AC konvensional, motor kompresor segera berhenti bila AC telah mencapai suhu dingin, dan segera ‘bekerja’, lagi bila suhu menjadi panas. Untuk memutar motor kompresor, setiap kali berputar diperlukan daya 900 Watt (untuk kapasitas 1 PK) dan berulang setiap kali kompresor mati. Sedangkan AC Inverter tetap menjalankan motor kompresor tetapi dengan mengubah arus AC (arus bolak-balik) menjadi arus DC (searah) dan menyesuaikan putaran sesuai frekuensi dengan bantuan mikrokontroler. Untuk start awal hanya butuh daya 750 watt, dan untuk menjaga suhu optimal hanya butuh daya 300 watt saja. Dengan memotong siklus start-stop inilah penghematan listrik dapat tercapai. (**)
2. Ramah Lingkungan
AC Inverter dirancang untuk ramah terhadap lingkungan seperti kebisingan. Disini AC Inverter dirancang untuk menekan tingkat kebisingan akibat motor kompresor yang terus berputar. AC inverter telah dirancang untuk berputar pada putaran yang lebih ringan, karena harus dapat berputar dengan arus DC. Karena berputar lebih ringan, maka suara yang dihasilkan juga lebih halus. Berbeda dengan AC konvensional yang mengandalkan arus AC, sehingga setiap kali memulai siklus start-stop, motor kompresor akan ‘berteriak’ untuk memulai bekerja dengan beban yang lebih berat.
3. Pintar
Lho Kok Pintar? Yups…AC inverter memiliki fitur sensor dan filter udara.
- Fitur Sensor
AC Inverter dengan fitur sensor mampu mendeteksi keadaan suhu lingkungan dengan cepat, pencapaian suhu pendinginan yang lebih cepat (1.5 kali lebih cepat dari AC Non Inverter), dan mampu menjaga suhu dingin tanpa mematikan kompresor. Bila waktu lebih cepat, otomatis listrik yang digunakan juga lebih hemat. AC inverter dapat mencapai suhu dingin dengan waktu lebih cepat karena suhu dingin ‘dijaga’. Tidak seperti AC konvensional yang langsung mematikan kompresor begitu suhu dingin tercapai, AC inverter masih tetap berputar (dengan memakai arus DC, bukan arus AC) dan menjaga suhu pada kisaran yang diinginkan.
- Fitur filter udara
Dengan fitur Filter Udara, sensor akan ‘mencari’ partikel berbahaya seperti debu, jamur, bakteri, alergen atau jasad renik yang berada di udara. Kemudian melepas ion negatif yang akan menangkap, lalu melumpuhkan partikel berbahaya tadi, dan menyerapnya melalui filter yang telah diberi muatan positif sehingga menjaga udara tetap bersih dan segar.
Tertarik ingin menggunakan AC Inverter terutama merk AC DAIKIN? Kami CV. ASTRO merupakan salah satu Dealer Resmi AC DAIKIN menawarkan AC Inverter merk DAIKIN.
Hubungi :
Kantor : (0361) 7458673
email : service@cvastro.com

Contact Person
Agus Supriyanto
Hp. 081 878 2773

AC Daikin Inverter
Outdoor AC Daikin Inverter

4 komentar:

  1. AC inverter banyak mengalami masalah trouble, dan susah perbaikannya. Kalau di ibaratkan AC inverter itu seperti halnya dengan mobil yang sudah pake sistem injeksi jadi tidak semua bengkel AC bisa memperbaikinya paling cepat ganti modul itu aja. Dan sebulan dua bulan kemudian trouble pasti terjadi lagi.

    BalasHapus
  2. Setuju pak.. hal sama saya alami.. akhir beli baru yg non inverter

    BalasHapus
  3. pak, mo nanya. untuk cara kerja inverter pada AC inverter bagaimana yap..? terimakasih

    BalasHapus
  4. Tu salah pemasangan awal pak, apabila dilakukan dgn prosedur kering, bersih dan kuat mudah2an tidak ada masalh.
    081377295545 ni nomor saya bila kurang jelas.
    Salam teknisi daikin medan

    BalasHapus